Jawaban Buatlah teks eksplanasi dengan teks energi geothermal​

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Buatlah teks eksplanasi dengan teks energi geothermal​, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Buatlah teks eksplanasi dengan teks energi geothermal​

Read More

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Buatlah teks eksplanasi dengan teks energi geothermal​

Jawaban:

Contoh Sumber Energi Alternatif

Ada beberapa jenis energi alternatif dan yang biasa dimanfaatkan manusia antara lain adalah yang berasal dari matahari, angin, air, dan panas bumi.

Energi Matahari

Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Energi matahari dapat berupa energi panas dan energi cahaya, yang keduanya langsung dapat kita gunakan. Energi cahaya ini dapat langsung kita nikmati.

Energi cahaya matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan alat yang disebut sel surya. Sel surya dibuat dari lembaran silikon tipis dimana saat cahaya matahari jatuh mengenai silikon terjadi arus listrik yang mengalir lewat kawat yang menghubungkan bagian atas dengan bagian bawah. Pada saat sekarang, sel surya mulai digunakan untuk menggerakkan mobil dan pesawat terbang bertenaga matahari.

Energi panas matahari dapat juga digunakan sebagai pemanas air di rumah, dengan menggunakan suatu alat yang disebut panel surya. Panel surya biasanya diletakkan di atas atap rumah. Panel surya tersusun atas lapisan kaca, dan bawahnya terdapat lapisan tembaga yang dicat hitam. Panas yang dikumpulkan lapisan ini akan memanaskan rangkaian pipa di bawahnya. Di dalam pipa ini ada cairan yang ikut menjadi panas. Dengan bantuan pompa, cairan itu mengalir ke arah yang kita inginkan. Aliran panas dari cairan ini memanaskan air dalam tangki. Dengan demikian, air dalam tangki pun seluruhnya menjadi panas.

Energi Angin

Tenaga angin sebenarnya sudah dimanfaatkan orang sejak zaman dahulu. Kapal layar dapat berkeliling dunia dengan hanya menggunakan energi angin. Kincir angin tradisional juga masih dapat ditemui di negara Belanda. Saat ini, tenaga angin dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, dengan menggunakan alat yang disebut aerogenerator. Aerogenerator pada umumnya dipasang di lapangan terbuka yang sangat luas. Jumlah aerogenerator yang dipasang sangat banyak. Semakin banyak aerogenerator, semakin besar energi listrik yang dihasilkan.

Energi Air

Aliran air dapat digunakan sebagai sumber energi, yaitu energi gerak. Energi gerak dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Aliran air yang makin banyak dan deras akan menghasilkan energi listrik yang makin besar pula. Stasiun pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun di wilayah perbukitan yang sering terjadi hujan. Air yang dibendung, posisinya jauh lebih tinggi daripada stasiun pembangkit listriknya. Air yang dibendung ini lalu dialirkan melalui terowongan yang menurun. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator yang berputar menghasilkan energi listrik.

Energi Panas Bumi (Geotermal)

Tenaga panas bumi dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Air dingin dari permukaan dipompa dan dialirkan melalui pipa ke dalam tanah hingga ke lapisan batuan panas. Saat sampai di sana, air langsung mendidih dan berubah menjadi uap air panas. Uap air panas ini memutar turbin. Turbin kemudian memutar generator sehingga listrik dihasilkan.

Penjelasan:

semoga membantu

maaf kalo salah

FOLLOW ME PLEASE

Sekian tanya-jawab mengenai Buatlah teks eksplanasi dengan teks energi geothermal​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.